Menu Berbuka

Agustus 29, 2009 at 3:15 am 4 komentar

Ini ada beberapa resep menu untuk berbuka alias ta’jil, selamat menikmati

Es Blewah
————-
es blewah

es blewah

es blewah

Blewah itu bentuknya mirip labu, tapi harumnya lebih dekat ke melon. Dulu blewah hanya muncul pas puasa. Sekarang sih setiap hari rasanya kita bisa melihat buah blewah ini. Maklum, sudah banyak digunakan untuk es buah dorong.

Untuk resep Es Blewah ini Mlandhing sengaja membuat yang paling simpel.

BAHAN:
1/2 bh blewah
250 gr gula pasir
es batu

CARA MEMBUAT:
# Bersihkan blewah dari isinya. Serut dengan serutan yang lembut memanjang, tampung dalam mangkok.
# Tambahkan gula pasir, aduk-duk dengan sendok hingga airnya keluar.
# Siapkan gelas, ambil beberapa sendok blewah berikut ’sirupnya’, sesuai selera. Beri es batu.
# Sajikan.

TIPS & TRIK:
# Pilih blewah yang tidak terlalu matang, tapi juga jangan yang mentah. Biasanya kulitnya sudah menguning tapi teksturnya masih keras.

Kolak Pisang
—————

Kolak Pisang ini paling umum dibuat dari aneka variasi kolak yang ada. Pembuatannya mudah dan biasanya pada saat puasa jadi hidangan wajib untuk berbuka. Kita buat yuk.

BAHAN:
10 bh pisang kepok kuning, iris melintang serasi
500 gr buah atap (kolang-kaling)
250 gr gula merah
3 sdm gula pasir
250 ml air
500 ml santan kental
3 lbr daun pandan
1 – 2 sdt garam

CARA MEMBUAT:
# Rendam buah atap dengan air mendidih. Tiriskan.
# Rebus gula merah, gula pasir, dan garam dengan 250 ml air hingga larut. Saring.
# Tambahkan santan dan daun pandan. Rebus dengan api kecil. Aduk-aduk.
# Sebelum mendidih, masukkan irisan pisang dan buah atap. Aduk-aduk hingga mendidih dan pisang matang. Sajikan.

TIPS & TRIK:
# Usahakan santan tidak ‘pecah’ dengan cara mengaduk kolak secara konstan.
# Jangan membiarkan kolak terlalu lama mendidih. Termasuk, jangan memanaskan kolak berkali-kali, daripada kuahnya ‘berminyak’. Tidak asik lagi.
# Setiap membuat hidangan dengan santan, meskipun hidangan itu manis, gunakan garam secukupnya. Garam memberikan efek mantap pada santan.

Es Cocktail Buah
——————-

Es cocktail buah sering aku hidangkan kalau pas arisan. Mudah membuatnya dan bisa disiapkan sehari sebelumnya. Jadi, biar tidak terlalu repotlah. Bahannya juga murah meriah. Sekali bikin tinggal nambah-nambahin es batu.

BAHAN:
1/2 bh pepaya mengkal, siangi, potong dadu
2 bh labu siam, siangi, potong dadu
1 bh nanas, siangi, potong dadu
3 sdm biji selasih
2 lt air kapur sirih
1 kg gula pasir
1 sdt asam sitrun
1 bks Adem Sari
Es batu

CARA MEMBUAT:
# Rendam biji selasih dengan 250 ml air dingin. Sisihkan.
# Siapkan air kapur sirih. Rendam pepaya dan labu siam dalam air kapur sirih selama 2 jam. Cuci. Tiriskan.
# Rebus gula pasir dengan api sedang. Masukkan nanas. Biarkan mendidih beberapa saat.
# Masukkan pepaya dan labu siam. Biarkan mendidih sekali lagi. Matikan api.
# Bila cocktail sudah hangat, masukkan asam sitrun. Aduk hingga rata. Biarkan hingga dingin.
# Taburi bubuk adem sari sesaat sebelum disajikan, aduk hingga rata.
# Sajikan dengan es batu dan bubuhi selasih.

TIPS & TRIK:
# Pepaya pilih yang sudah merah tapi masih keras ya.
# Untuk labu siam, sebelum diiris, keluarkan dulu getahnya dengan cara: labu siam dipotong melintang, saling gesek-gesekkan potongan hingga keluar semacam busa basah. Baru kupas dan potong dadu.
# Adem Sari bisa diganti dengan perasan air 1 bh jeruk lemon.

Es Melon+Kiwi
—————–

Published by mlandhing at 3:51 pm under Minuman

Panassss bo siang ini. Ancur deh. Gini nih yang paling tidak kuat. Bongkar-bongkar lemari pendingin, rada kosong *nyengir*.

Kalau pas kosong gini bontot biasanya ngoceh: “kulkasnya rusak ya bu?”

Dasar bocah, ngeledek ibunya gak kira-kira. Tapi dari aksi bongkar, nemu juga melon yang merana tidak dihabiskan anakku itu. Maklum, aku belinya masih rada keras, tidak mateng banget, sementara bontot sukanya yang sudah lumer berair gitu. So, dibikin es melon saja. Murah meriah. Semua bahan ada di rumah.

BAHAN:
1/2 bh melon
1 buah kiwi
250 gr gula pasir
es batu

CARA MEMBUAT:
# Bersihkan melon dari isinya. Serut dengan serutan yang lembut memanjang, tampung dalam mangkok.
# Kupas buah kiwi kemidian potong tengahnya dan potong melingkar, lalu masukan kedalm mangkok.
# Tambahkan gula pasir, aduk-duk dengan sendok hingga airnya keluar.
# Siapkan gelas, ambil beberapa sendok melon+kiwi berikut ’sirupnya’, sesuai selera. Beri es batu.
# Sajikan.

TIPS & TRIK:
# Pilih melon yang tidak terlalu matang. Biasanya masih keras, dan kalau masih utuh dipukul dengan tangan gitu terkesan suara menggema.
# Pilih buh kiwi yang berukuran sedang dan berwarna hijau agak cerah.

Nina: Es Kopyor Kolang-kaling
————————————

Published by mlandhing at 9:33 am under Minuman, Resep User

BAHAN:
1 bh kelapa muda kopyor, kerok
100 gr kolang kaling, cuci bersih, iris tipis
100 ml susu kental manis
es batu secukupnya

SIRUP:
100 gr gula pasir
200 ml air
2 lbr daun pandan
1/4 sdt vanili bubuk

CARA MEMBUAT:
# Sirup: campur semua bahan, masak hingga mendidih dan kental, angkat dan dinginkan.
# Penyajian: siapkan gelas saji. Masukkan kolang-kaling, kelapa kopyor dan es batu. Tuang sirup gula dan susu kental manis. Sajikan segera.

TIPS & TRIK:
# Bila susah cari kelapa kopyor, pakai saja kelapa muda. Tetap enak kok, apalagi kalau kuahnya menggunakan air kelapanya yang segar itu.
# Saran Mlandhing: coba kolang-kalingnya biarkan utuh. Caranya: rebus kolang-kaling dengan 250 ml air dan 100 gr gula pasir. Beri pewarna merah tua beberapa tetes. Biarkan kolang-kaling tetap terendam beberapa saat agar gula meresap dan kolang-kaling berubah warna. Tiriskan. Gunakan.

Es Kopyor Fantasi
———————

Published by mlandhing at 9:41 am under Minuman

Sudah menjelang puasa. Harus segera mengkoleksi resep-resep untuk hidangan berbuka dan sahur. Segera praktekkan sekarang agar nanti pas puasa, kita sudah mahir mengerjakannya.

Ini resep praktis membuat Es Kopyor Fantasi alias kopyor jadi-jadian. Tahu dong kalau kopyor itu mahalnya ampun-ampunan. Blom nyarinya susah setengah mati. Jadi mari kita buat yang sintetis. Ikuti bahan dan tahapan pembuatannya, maka rasanya akan tetap lezat layaknya kopyor asli.

BAHAN:
1 sachet agar-agar bubuk putih
400 ml air kelapa
1/2 bh kelapa, bersihkan kulit arinya, parut
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
es batu utuh

PELENGKAP:
sirup coco pandan secukupnya
es batu, serut atau hancurkan

CARA PEMBUATAN:
# Buat santan dari kelapa parut dengan mempergunakan air kelapa. Peras. Sisihkan.
# Campurkan agar-agar, gula pasir, dan garam dengan santan tersebut hingga larut.
# Panaskan adonan dengan api sedang hingga mendidih. Aduk-aduk sebentar. Matikan api. Biarkan dingin tapi jangan sampai beku.
# Letakkan sebongkah es batu di atas mangkok besar. Sendoki adonan agar-agar di atas es. Sesendok demi sesendok hingga semua adonan habis. Jadilah kopyor sintetis.
# Penyelesaian: Siapkan gelas, tuangkan sirup coco pandan secukupnya, beri beberapa sendok kopyor sintetis dan serutan es batu. Sajikan.

TIPS & TRIK:
# Pilih air kelapa dari kelapa yang muda. Bila tersisa air kelapanya, akan lebih nikmat ditambahkan untuk kuah Es Kopyor Fantasi ini.
# Agar-agar pilih yang tanpa rasa. Gunakan agar-agar putih biasa, bukan bubuk jelly ya.

Apple and fresh date crumble(Untuk 4 orang)
——————————————————

Bahan-bahan:
4 buah apel manis, kupas, potong kecil
100g buah kurma segar, potong kecil
1/3 gelas (80ml) jus jeruk segar
1 batang cinnamon
1/3 gelas oat
509 kacang almond cincang
2 sendok makan parutan kelapa
Cream, atau selai sebagai toping

Cara membuat:

* Masukan apel, kurma, jus jeruk dan cinnamon kedalam panci, masak diatas kompor hingga mendidih. Kecilkan api, tutup panci, kemudian masak hingga 2-3 menit hingga campuran terlihat lembut.
* Keluarkan cinnamon dari panci, sisihkan. Tuang campuran kedalam 4 buah cangkir tahan panas.
* taburkan oat, almond, dan parutan kelapa diatas campuran kurma dan apel. Panaskan oven dengan suhu 180°C, pangang adonan dalam oven selama kurang lebih 8-10 menit. Sajikan dengan cream atau selai sesuai selera.
(Resep dari: http://www.taste.com.au)

Puding beras kurma
————————

Bahan-bahan:
2 gelas nasi putih
2 gelas susu cair
3 sendok makan gula putih
15 buah kurma, cincang halus

Cara membuat:

* Masukan nasi kedalam blender atau food processor, giling hingga lunak, namun jangan sampai menjadi bubur.
* Tuang nasi kedalam panci, campurkan susu, gula, dan kurma. Masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga kurma lembut, selama sekitar 20 menit.
* Sajikan dalam keadaan hangat atau dingin.
(Resep dari: http://allrecipes.com)

Creme caramel(Untuk 15 porsi)
————————————–

Bahan-bahan:
6 butir telur
6 sendok makan gula pasir
1000 ml (4 gelas) susu dingin
1 sendok teh vanila essence

Cara membuat:

* Kocok telur dan gula hingga merata, tuangkan susu, aduk perlahan dengan menggunakan sendok kayu, tambahkan vanila essence, aduk hingga merata.
* Tuangkan adonan kedalam mangkuk puding tahan panas, dengan terlebih dahulu melapisi permukaan mangkuk dengan caramel.
* Kukus adonan dengan panci kukus selama kurang lebih 1 jam
* Diamkan hingga benar-benar dingin, baru dituang dari cetakan/mangkuknya.
(Resep dari: http://www.sweetsndesserts.com)

Banana pancake
——————-

Bahan-bahan:
6 sendok makan mentega tawar
1 1/2 gelas tepung serbaguna
2 sendok makan gula pasir
2 1/2 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh garam
1 buah pisang matang , kupas
1 gelas susu cair
2 butir telur
1/2 sendok teh ekstrak vanila
Sirup maple dan irisan buah pisang untuk toping

Cara membuat:

* Bagi mentega hingga 3 bagian, ambil 2 bagian lalu masukan dalam panci. Panaskan panci dengan api sedang sambil diaduk-aduk dengan sendok kayu selama kurang lebih 1 hingga 2 menit hingga butter meleleh. Angkat panci, sisihkan.
* Campur tepung, gula, baking powder, dan garam dalam sebuah mangkuk, aduk dengan garpu hingga tercampur rata.
* Masukan pisang ke dalam mangkuk kecil, lumatkan dengan garpu hingga hampir halus. Tambahkan susu, telur, dan vanila, aduk hingga tercampur rata.
* Tuang adonan pisang dan lelehan butter kedalam campuran tepung. Aduk dengan spatula karet hingga adonan rata.
* Panaskan wajan datar dengan api sedang hingga cukup panas, masukan sisa butter yang telah disisihkan, ratakan diatas wajan.
* Tuang 1/4 cangkir penuh adonan kedalam wajan, hingga adonan berwarna kecoklatan kira-kira sekitar 2 menit, lalu balik adonan, masak hingga adonan kecoklatan, angkat. Ulangi proses ini hingga adonan mentah habis.
* Latakkan beberapa buah pancake diatas piring, tambahkan sirup maple, dan irisan pisang diatasnya, sajikan selagi panas.
(Resep dari: http://www.williams-sonoma.com)

ORANGE APPLE JUICE
—————————

Sesuai sunnah, berbuka puasa dengan yg manis dan blom dimasak, nah ini pilihan tepat sebagai pembuka

Bahan :
Jeruk manis/ sunkist
Apel

Cara membuat :
Langsung diblender aja

Tips :
* Pilih jenis apel yang banyak mengandung air. Saiyah menggunakan apel fuji. Selain banyak airnya, juga wangi. Pastikan memasukkan jeruk manis atau sunkist terlebih dahulu ke dalam juicer, baru kemudian apelnya, sehingga juice yang dihasilkan apel tidak berubah hitam warnanya.

JUICE APEL SEMANGKA
—————————-

Bahan :
Semangka
Apel Fuji

Cara membuat:
Tinggal diproses aja dalam blender

Tips :
Semakin banyak apel yg digunakan, juice akan semakin kental.
Saiyah menyukai juice yg tidak terlalu kental dan tidak juga terlalu encer.
Biasanya untuk 4 gelas, saya menggunakan 1 bh apel fuji yg cukup besar,
dan selebihnya adalah semangka.

Sumber : Mbak Herti Archiaston

Es Buah Koktail (Untuk 6 gelas)
————————————

Kontributor: Odilia Winneke
Bahan Isi:
300 g buah nanas, potong dadu 11/2 cm
200 g buah pepaya mengkal, potong dadu 11/2 cm
200 g strawberry segar, bersihkan, potong kasar
200 g apel Malang, kupas, potong dadu 11/2 cm
Kuah:
150 g gula pasir
500 ml air
2 sdm air jeruk nipis/lemon
Cara membuat:
Kuah: Rebus gula, air dan air jeruk hingga mendidih dan gula larut. Angkat.
Selagi masih hangat, masukkan buah-buahan dan biarkan hingga dingin.
Simpan dalam lemari es hingga dingin.
Tambahkan es batu. Sajikan dingin.

Es Teler (Untuk 4 gelas)
—————————–

Kontributor: Odilia Winneke

Bahan:
3 buah alpukat masak, keruk daging buahnya
100 g nangka, buang bijinya, potong melintang 11/2 cm
150 g daging buah kelapa muda
250 ml sirop vanili
air masak
es batu, serut
susu kental manis putih
Cara membuat:
Siapkan 4 gelas saji. Beri masing-masing sirop vanili.
Tambahkan alpukat, nangka, dan kelapa muda.
Tuangi air masak, beri es batu serut.
Tambahkan susu kental manis.
Sajikan dingin.

**************
;p ;p ……..Wah jadi ngiler ngeliatnya…. ***Astagfirullahaladziim ini kan masih siang.. :-(

Entry filed under: Friends. Tags: .

Agar Pahala Shaum Kita Tidak Sia-sia Tetap Sehat & Segar Di Bulan Ramadhan

4 Komentar Add your own

  • 1. ummu azzam  |  Agustus 14, 2010 pukul 7:10 am

    jazakallah atas resepnya, bikin ana tambah kreatif

    Balas
  • 2. free porn videos porn tube sex videos sex & free...  |  Januari 31, 2013 pukul 11:55 pm

    Greetings! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could locate a captcha plugin for my comment form?
    I’m using the same blog platform as yours and I’m having trouble finding one?
    Thanks a lot!

    Balas
  • 3. hard core porn  |  April 20, 2013 pukul 5:17 am

    I was recommended this blog by my cousin. I am not sure whether this post
    is written by him as no one else know such detailed about
    my trouble. You are incredible! Thanks!

    Balas
  • 4. Jacki  |  Mei 6, 2013 pukul 3:55 am

    Oh my goodness! Awesome article dude! Thanks, However I am encountering troubles with your
    RSS. I don’t know the reason why I can’t subscribe to it.
    Is there anybody getting similar RSS problems? Anyone who knows the solution can you kindly respond?

    Thanks!!

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


.:My Profile:.


Just one of a weak 'Abdullah', n try to be a real Islamic struggler

Posts

Agustus 2009
S S R K J S M
« Mar   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Itung Pengunjung:

  • 304,981 lawatan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: