Wanita ahli Syurga & ciri-cirinya

Juli 19, 2007 at 12:13 am 39 komentar

Source

Assalamu’alaikum wrwb.

Jannah

Setiap insan tentunya mendambakan kenikmatan yang paling tinggi dan abadi. Kenikmatan itu adalah Surga. Di dalamnya terdapat bejana-bejana dari emas dan perak, istana yang megah dengan dihiasi beragam permata, dan berbagai macam kenikmatan lainnya yang tidak pernah terlihat oleh mata, terdengar oleh telinga, dan terbetik di hati.

Dalam Al Qur’an banyak sekali ayat-ayat yang menggambarkan kenikmatan-kenikmatan Surga. Diantaranya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“(Apakah) perumpamaan (penghuni) Surga yang dijanjikan kepada orang-orang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tidak berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamr (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai dari madu yang disaring dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?” (QS. Muhammad : 15)

“Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu (masuk Surga). Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam Surga kenikmatan. Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian. Mereka berada di atas dipan yang bertahtakan emas dan permata seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan. Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda dengan membawa gelas, cerek, dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir, mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.”

(QS. Al Waqiah : 10-21)

 

Di samping mendapatkan kenikmatan-kenikmatan tersebut, orang-orang yang beriman kepada Allah Tabaraka wa Ta’ala kelak akan mendapatkan pendamping (istri) dari bidadari-bidadari Surga nan rupawan yang banyak dikisahkan dalam ayat-ayat Al Qur’an yang mulia, diantaranya :

“Dan (di dalam Surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik.”

(QS. Al Waqiah : 22-23)

“Dan di dalam Surga-Surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan, menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni Surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.”

(QS. Ar Rahman : 56)

“Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.”

(QS. Ar Rahman : 58)

“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan penuh cinta lagi sebaya umurnya.” (QS. Al Waqiah : 35-37)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam menggambarkan keutamaan-keutamaan wanita penduduk Surga dalam sabda beliau :

” … seandainya salah seorang wanita penduduk Surga menengok penduduk bumi niscaya dia akan menyinari antara keduanya (penduduk Surga dan penduduk bumi) dan akan memenuhinya bau wangi-wangian. Dan setengah dari kerudung wanita Surga yang ada di kepalanya itu lebih baik daripada dunia dan isinya.”

(HR. Bukhari dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anhu)

Dalam hadits lain Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :

Sesungguhnya istri-istri penduduk Surga akan memanggil suami-suami mereka dengan suara yang merdu yang tidak pernah didengarkan oleh seorangpun. Diantara yang didendangkan oleh mereka : “Kami adalah wanita-wanita pilihan yang terbaik. Istri-istri kaum yang termulia. Mereka memandang dengan mata yang menyejukkan.” Dan mereka juga mendendangkan : “Kami adalah wanita-wanita yang kekal, tidak akan mati. Kami adalah wanita-wanita yang aman, tidak akan takut. Kami adalah wanita-wanita yang tinggal, tidak akan pergi.” (Shahih Al Jami’ nomor 1557)

Apakah Ciri-Ciri Wanita Surga

Apakah hanya orang-orang beriman dari kalangan laki-laki dan bidadari-bidadari saja yang menjadi penduduk Surga? Bagaimana dengan istri-istri kaum Mukminin di dunia, wanita-wanita penduduk bumi?

Istri-istri kaum Mukminin yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya tersebut akan tetap menjadi pendamping suaminya kelak di Surga dan akan memperoleh kenikmatan yang sama dengan yang diperoleh penduduk Surga lainnya, tentunya sesuai dengan amalnya selama di dunia.

Tentunya setiap wanita Muslimah ingin menjadi ahli Surga. Pada hakikatnya wanita ahli Surga adalah wanita yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Seluruh ciri-cirinya merupakan cerminan ketaatan yang dia miliki. Diantara ciri-ciri wanita ahli Surga adalah :

1. Bertakwa.

2. Beriman kepada Allah, Malaikat-Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, hari kiamat, dan beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.

3. Bersaksi bahwa tiada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadlan, dan naik haji bagi yang mampu.

4. Ihsan, yaitu beribadah kepada Allah seakan-akan melihat Allah, jika dia tidak dapat melihat Allah, dia mengetahui bahwa Allah melihat dirinya.

5. Ikhlas beribadah semata-mata kepada Allah, tawakkal kepada Allah, mencintai Allah dan Rasul-Nya, takut terhadap adzab Allah, mengharap rahmat Allah, bertaubat kepada-Nya, dan bersabar atas segala takdir-takdir Allah serta mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan kepadanya.

6. Gemar membaca Al Qur’an dan berusaha memahaminya, berdzikir mengingat Allah ketika sendiri atau bersama banyak orang dan berdoa kepada Allah semata.

7. Menghidupkan amar ma’ruf dan nahi mungkar pada keluarga dan masyarakat.

8. Berbuat baik (ihsan) kepada tetangga, anak yatim, fakir miskin, dan seluruh makhluk, serta berbuat baik terhadap hewan ternak yang dia miliki.

9. Menyambung tali persaudaraan terhadap orang yang memutuskannya, memberi kepada orang, menahan pemberian kepada dirinya, dan memaafkan orang yang mendhaliminya.

10. Berinfak, baik ketika lapang maupun dalam keadaan sempit, menahan amarah dan memaafkan manusia.

11. Adil dalam segala perkara dan bersikap adil terhadap seluruh makhluk.

12. Menjaga lisannya dari perkataan dusta, saksi palsu dan menceritakan kejelekan orang lain (ghibah).

13. Menepati janji dan amanah yang diberikan kepadanya.

14. Berbakti kepada kedua orang tua.

15. Menyambung silaturahmi dengan karib kerabatnya, sahabat terdekat dan terjauh.

Demikian beberapa ciri-ciri wanita Ahli Surga yang kami sadur dari kitab Majmu’ Fatawa karya Syaikhul Islam Ibnu Tamiyyah juz 11 halaman 422-423. Ciri-ciri tersebut bukan merupakan suatu batasan tetapi ciri-ciri wanita Ahli Surga seluruhnya masuk dalam kerangka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Allah Ta’ala berfirman :

” … dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam Surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai sedang mereka kekal di dalamnya dan itulah kemenangan yang besar.” (QS. An Nisa’ : 13).

Wallahu A’lam Bis Shawab.

 

Hariri

Entry filed under: Friends. Tags: .

Konsep Pernikahan dalam Islam If We Trust in God Faithfully

39 Komentar Add your own

  • 1. bunga  |  November 12, 2007 pukul 3:07 pm

    Subhanallah.. ingin rasanya jadi bidadari syurga.. Jazakumullahu khoiron katsiro untuk artikelnya.

    Balas
  • 2. mohammad  |  November 18, 2007 pukul 6:31 am

    sip tenan
    makasih ya

    Balas
  • 3. mohammad  |  November 18, 2007 pukul 6:40 am

    sip

    Balas
  • 4. naswah (sabila)  |  November 27, 2007 pukul 10:30 am

    as.wr.wb
    subhanallah ciri2 ahli syurga,,, ana ingin menjadi salah satu penghuninya!
    Ana ingin bertemu khadijjah,,,Aisyah…fattimah az-zahra & semua wanita2 soleha
    aminnnn
    wasalam
    jazakallah

    Balas
  • 5. alia  |  Januari 1, 2008 pukul 6:49 am

    askum,
    YaAllah…wl skrg aq kya gni tp sata ingin menjadi salah 1 diantaranya dari ciri2 oarag yang masuk syurga.

    by
    alia

    Balas
  • 6. Dayani  |  Januari 19, 2008 pukul 5:40 am

    Astaghfirullaahal ‘adziim…

    Semua ciri-ciri wanita yg bakal jd ahli surga, ga ada 1pun yg mjd sifatku skrg…
    aku pemarah,suka menceritakan kejelekan orang yg aku ga suka,msh suka dendam, ga pernah bs bsabar, slalu mengeluh atas nasib jelek yg menimpa, slalu curiga ma orang, slalu menyakiti orang dgn kata2…

    Tolong hambamu ya Allah…
    Tolong teman2, aku pengen menjadi wanita yg diajarkan Islam..
    Bantu aku ya, gmn caranya mengubah smua sifat2 jelekku…

    Jazakumullahu…

    Balas
  • 7. hasan  |  Januari 25, 2008 pukul 6:19 am

    assalamualaikum.subhanalloh mudah mudahan istri dan anak perempuan dari istriku menjadi perempuan isi surga ammin wassalam jazakumullh

    Balas
  • 8. hasan parido  |  Januari 25, 2008 pukul 7:11 am

    semoga semua perempuan di dunia ini menjadi ahli surga

    Balas
  • 9. Edi Gunawan  |  Februari 1, 2008 pukul 8:42 am

    Segala Puji bagi Allah SWT pencipta alam semesta yang memberikan anugrah bagi hambanya bigitu indahnya semoga Allah SWT memberikan kami jalan yang lurus dan jalan yang diridlhoinya amien

    Balas
  • 10. liyana  |  Februari 4, 2008 pukul 8:25 am

    ya tuhan.. ingin sungguh aku menjadi salah seorang dari wanita syurgamu.. sungguh suci dan indah rupa sang bidadari..amat menyintai dan merindui suami- suami mereka..dalam jiwa mereka dipenuhi rasa cinta hanya untuk suami,lelaki mukmin yang dijanjikan ganjaran baik di syurga kelak…ya allah, kumohon, ingin sekali aku menjadi salah seorang dari wanita syurga itu dan mendampingi suamiku di syurga kelak…siapapun dia,aku amat menyintainya…

    Balas
    • 11. nurul  |  Juli 23, 2013 pukul 4:27 am

      salam semoga allah ampunkan dose kita dan tempatkan kita di dal am syurganya. amin

      Balas
  • 12. nurul ezzah  |  Maret 15, 2008 pukul 2:43 am

    Bila teliti semua ciri-ciri tu rasanya masih banyak saya perlu capai…..walaupun menuntut dalam sekolah agama akhlak mazmumah masih banyak lagi dalam diri ni…. apa pun saya tetap berusaha ke arah itu

    Balas
  • 13. FANY  |  April 10, 2008 pukul 7:14 am

    apakah kaum hawa bisa mengikuti smu ciri2 itu?padahal jaman skarang beda dgn terdahulu,bagaimana dgn slah satu dari ciri2 itu apa juga trmasuk istri ahli surga?

    Balas
  • 14. wangga  |  April 17, 2008 pukul 9:41 am

    bingung…!!! terlalu banyak wacana dlm hidup ini untuk mencapai aherat yang bahagia..tapi ujung-ujungnya sama aja..UANG..KEKUASAAN…WANITA…
    punya presiden tapi gak memimpin…
    punya wakil rakyat..tapi malah nyakitin rakyat…
    punya kiyai..eh tau-tau bisa main mata..

    Hanya Allah SWT tempat_ku berlindung…

    Tuhanku..
    aku milik_mu…berjalan diatas kehendak_mu..
    aku tidak meminta yang berlebih..segala sesuatu yang berlebih..
    Tuhanku..
    aku milik_mu..
    ampuni aku…

    Balas
  • 15. wangga  |  April 17, 2008 pukul 9:52 am

    buat FANY..

    manusia tidak lepas dari salah, atau dengan kata lain..dosa adalah bagian dari hidup manusia..setiap detik, setiap saat, setiap hembusan nafas..bahkan setiap gerakan hati..pasti ada dosa yang kita lakukan..itu sudah ketentuan_Nya..

    tugas & kewajiban kita hanyalah..Mohon Ampun atas semua dosa-dosa itu..

    bukankan Allah SWT..maha pengasih dan penyanyang..

    Balas
  • 16. sakura15415  |  April 20, 2008 pukul 2:30 am

    Alhamdullilah… Amin…

    Balas
  • 17. karim amarulah  |  April 22, 2008 pukul 1:44 am

    Ya Alloh Berikanlah Hidayahmu kepada Penduduk Muslim Negri ini Agar secepatnya Kembali kepada Jalan Tuhanmu Amiiin!

    Balas
  • 18. karim amarulah  |  April 22, 2008 pukul 1:48 am

    Islam Adalah Agama Damai Jadi Sebarkan Islam Dengan Cara Yang Baik Dan Damai Karena Qur’an Huddan Linnas WalFurqon WalBayyinah Petunjuk Bagi Manusia seluruh jagad Pembedda antara yang Haq dan Yang Bathil Dan Bukti artinya jadikan hukum untuk keadilan didunia Wassalam

    Balas
  • 19. karim amarulah  |  April 22, 2008 pukul 1:49 am

    Hanya Dengan Bendera Liilikalimatillah maka Dunia akan selamat

    Balas
  • 20. Fadilah  |  Juni 17, 2008 pukul 4:53 am

    Binun,aq takut msk neraka tp pengen msk surga,tp untk msk syurga berat bgt ujiannya,sdngkan sifat ku pemarah dan egois trhdp suamiku yg sabar dan taat beragama,ya Allah ampunilah hambamu yg hina ini.

    Balas
  • 21. fadil  |  Juli 13, 2008 pukul 12:47 pm

    yang penting Allah mencintaiku………………

    Balas
  • 22. ii  |  Juli 18, 2008 pukul 4:50 am

    gimna caranya supaya kita beribadah seakan-akan sedang bertatap muka dengan yang ESA

    Balas
  • 23. shakira  |  Agustus 22, 2008 pukul 8:13 am

    Ya Allah..
    aku tak layak ke syurgamu,,,
    tapi tak pula aku sanggup ke nerakamu…
    Ampunkan dosaku terimalah taubatku..
    Sesungguhnya engkaulah pengampun dosa-dosa besar..

    Balas
  • 24. NURAINUN  |  Oktober 22, 2008 pukul 8:40 am

    Subbhanallah Semoga ana termasuk org yang beruntung
    Semoga ALLAH Meneriam tubatku
    Ya Allah engkau lah maha dr segala maha…
    Semoga Wanita didunia ini menjadi wanita yang sholeha AAMIIN

    Balas
  • 25. Hendra ahsan  |  Desember 24, 2008 pukul 5:05 am

    semoga Ibuku,keluargaku,saudara2ku,tetangga2ku ,temen2ku,dan oran yang baca termasuk penghuni2 surga dan aku bisa menemukan wanita ahli surga yang menjadi pendamping hidupku didunia sampai akhirat nanti, Amiiin……!!!!

    Balas
  • 26. w2n_boy  |  Desember 24, 2008 pukul 5:12 am

    manusia hidup hanya sementara maka dari itu bertaqwalah kpd ALLAH S.W.T dan janganlah engkau merasa senang dengan sesuatu secara berlebihan.

    Balas
  • 27. mas_achan  |  Desember 24, 2008 pukul 5:16 am

    subkhanallah…….. semoga wanita2 muslimah didunia ini termasuk ahli surga,Amiiiien……..

    Balas
  • 28. putrie  |  Februari 5, 2009 pukul 8:37 am

    mungkinkah aku bisa menjadi penghuni syurga dengan sgala sifat kekuranganku

    Balas
    • 29. UCN  |  Januari 2, 2011 pukul 1:35 am

      INSY LLOH MIIN

      Balas
    • 30. UCaN  |  Januari 2, 2011 pukul 1:44 am

      Bt Putri…semoga alloh Yg Mh Esa Mengabulkannya, amiin.

      Balas
  • 31. rohmat  |  April 3, 2009 pukul 10:03 am

    subhanallah….
    semoga saya, istri saya,anak saya &keluarga saya..n semua manusia di dunia ini termasuk ahli syurga semiua…
    amin…………

    Balas
  • 32. rohmat  |  April 3, 2009 pukul 10:11 am

    anis sayang…

    Balas
  • 33. Bie_130293  |  Mei 27, 2009 pukul 3:39 pm

    Asslmkm..
    Smga ana, en sLruh wanita muslim t’masuQ wnita ahli syurga,
    amien !

    Balas
  • 34. ulfah  |  Juni 5, 2009 pukul 3:32 am

    doakan ana termasuk di dalamnya.. syukron

    Balas
  • 35. mery  |  Juli 11, 2009 pukul 9:02 am

    Asalamualaikum…. subhanallah indah benerrr anugrahmu….temen2 doain aku yahhhhh…menjdi slh stu penghni syurga Alllah……syukron..

    Balas
  • 36. fukayna  |  Agustus 5, 2010 pukul 3:51 pm

    smoga Allah mnjdikn aq slh stu wnita clon pnghuni surga.. amien….dan aq brdoa smoga aq ttp bs brsma dgn org2 yg aq cintai hingga d surga MU Ya Allah….

    Balas
  • 37. Sani Nurhayati  |  Juli 6, 2011 pukul 10:29 pm

    hehehe….. terus berjuang menjadi wanita pilihan SURGA ALLAH mudah-mudahan Allah Subhanahu wa ta’ala merahmatinya”” Amin yaa Allah! Insya Allah.

    Balas
  • 38. arina saffana  |  Agustus 25, 2011 pukul 6:53 am

    smoga q trmsk d dlm ny dan yg lbh pntng,q mndpt kan syafa’at nya

    Balas
  • 39. nurul  |  Juli 23, 2013 pukul 4:25 am

    aku tak sempurna namun aku akan berusaha untk menjadi yang terbaik syurgamu ya allah adalah matlamat hidupku. amin

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


.:My Profile:.


Just one of a weak 'Abdullah', n try to be a real Islamic struggler

Posts

Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Itung Pengunjung:

  • 301,412 lawatan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: